Meningkatkan Kecepatan Read/Write SDCard pada Android

Mungkin anda pernah merasakan betapa lambatnya proses baca data Android anda, seperti misalnya saat membuka Galeri, foto-fotonya lama sekali terbuka, ada juga yang malah tidak terbuka. Itu disebabkan karena memori tempat tersimpannya foto-foto anda memiliki batas maksimal pembacaan/penulisan (Read/Write).

Seperti yang kita tahu, cara untuk meningkatkan kecepatan SDCard adalah mengganti SDCard dengan Class yang lebih tinggi, Class 6, Class 10 atau bahkan UHS-1. Baca ini deh..
Tetapi harganya? Ya pasti jauh lebih mahal.

Sebagian orang mungkin mengetahui tentang cara Meningkatkan Kecepatan Read/Write SDCard pada Android ini tanpa mengganti atau membeli SDCard baru. Yaitu dengan cara mengubah batas maksimal baca/tulis SDCard anda. Bagi anda yang belum mengetahuinya silahkan disimak cara berikut.

Pertama, android anda harus mempunyai akses ROOT.

Kemudian anda buka ES File Explorer atau Root Explorer, masuk ke direktori /sys/devices/virtual/bdi/179:0 dan edit file read_ahead_kb. Anda akan menemukan nilai 512 didalam file tersebut, itu adalah nilai maksimal baca/tulis SDCard anda, silahkan anda ubah menjadi 1024 sampai 8192 (1024, 2048, 4096, 8192) kemudian simpan. Ijinkan jika meminta akses root. Mungkin anda tidak akan merasakan perubahannya secara signifikan, mungkin juga ya. Tapi yang saya rasakan ya lumayan lah... :)

Mohon diingat, jika anda restart Android anda, nilai tersebut akan kembali menjadi 512. Anda harus set ulang menjadi nilai yang anda inginkan. Ribet kan kalau harus terus seperti itu? Ya, pasti.

Supaya anda tidak perlu mengubah lagi file tersebut saat anda menghidupkan Android anda, silahkan gunakan aplikasi SD Booster, anda dapat mendownloadnya di Playstore atau disini.
Apliksi SD Booster ini akan secara otomatis berjalan dan mengubah nilai tersebut pada saat Android dihidupkan seperti yang telah anda tentukan. Dan selain itu, tidak hanya mengubah nilai baca/tulis SDCard, tetapi juga Memori Internal anda. Penasaran? Seperti ini tampilannya.


Pada android saya terinstall SDCard 16GB dan Internal 8GB.
Centang semua pilihan kemudian ubah nilai Cache for all devices menjadi seperti yang anda inginkan (1024-8192) kemudian simpan dengan mengklik tombol Check hijau.

Jika ingin mengetahui berapa kecepatan SDCard anda, silahkan gunakan Aplikasi SD Tools dari Playstore atau dari sini.

Semoga berhasil dan bermanfaat.
Terimakasih.

ES File ExplorerDOWNLOAD
Root ExplorerDOWNLOAD
SD BoosterDOWNLOAD
SD ToolsDOWNLOAD






Posting Komentar